Ad Section

Thursday 10 March 2016

PROSES PENGECATAN BATOK HELM

"Proses Pengecetan Batok Helm"

Di artikel yang kemarin dalam proses pembuatan batok helm yang sudah saya jelaskan kita lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu proses pengecetan batok helm,sebelum memasuki ke tahap ini terlebih dahulu batok hemnya di cek lagi dari bentuknya dan dari permukaannya apakah bentuknya sudah sesuai dengan yang kita mau produksi dan dalam hal permukaan batok helmnya apakah sudah benar-benar halus untuk permukaannya.Jika sudah siap batok hekmnya itu kalian jangan terburu-buru untuk langsung di cet karena ada hal- hal lainnya supaya hasil pengecetannya maksimal,mungkin hal ini sepele tapi keuntungannya sangat besar apa saja hal itu mari kita ikuti tipsnya :





1. Batok yang siap di cet terlebih dahulu di cuci memakai air bersih dan jangan lupa menggunakan sabun colek,kenapa harus di cuci terlebih dahulu karena di batok helm yang sudah di poles ada banyak kotoran dan debu yang menempel hal ini dapat menyebabkan patal dalam nantinya hasil proses pengecatan karena hasil cat akan kotor dan kasar di permukaan batok helm dan bahkan juga cat akan cepat mengelupas apa bila ada kotoran atau debu yang masih mempel di permukaan helm yang tertutupi oleh cet,itu kalau pengecetan batok helmnya tidak terlebih dahulu di cuci dan jangan lupa juga untuk air yang digunakan air bersih jangan yang sudah kotor,sudah pahamkan sampai sini.

2. Pastikan batok helm yang sudah di cuci benar-benar bersih dari debu dan kotoran yang menempel,nah otomatiskan batok helm yang sudah di cuci itu pada basah untuk mengantisipasi batok helm tidak terlalu basah batok helm di lap seluruh permukaannya supaya tidak terlalu basah dan gunakan lap dengan kanebo supaya daya serap airnya optimal menyerap ke kanebo.

3. Masukan batok helm ini ke dalam ruanagn open supaya batok helm itu benar-benar kering dari air bekas pencucian agar di waktu pengecetan batok helm tidak basah karena masih ada air yang menempel,apabila batok helm belum kering benar-benar otomatis hasil cat tidak bagus dan tidak rata,untuk pengopenannya sendiri cukup dengan memakan waktu 1 jam saja dengan suhu cukup dengan 70 derajat.

4. Apabila batok helm yang sudah kering di dalam pengopenan jangan terlalu buru-buru langsung di cat usahakan di lap lagi dengan menggunakan lap yang kering bersih dan agak tebal begitupula kainnya lembut supaya batok helm itu optimal bersih dari debu dan kalau-kalau ada air yang masih menempel di selsa-sela atau sudut-sudut yang tidak kering bisa terlap dan terangkat airnya,apabila sudah benar-benar siap baru kita cat batoknya.

"Proses Pengecetan Batok Helm"

Mari kawan kita ikuti untuk proses pengecetannya disini saya akan menjelaskan proses pengecatan batok helm apabila sudah siap untuk di cat batoknya,untuk jaraknya sendiri dalam pengecatan biasanya jarak antara benda dan cat yang di semprotkan sekitar 30cm supaya hasil semprotan yang di hasilkan merata dan tidak langsung tebal.Nah untuk pengecatan batok helmnya itu sendiri yang harus di utamakan adalah pengecatan dasar atau yang kita sebut dengan cat meni(epoxy), cat meni(epoxy) ini bertujuan agar pori-pori di dalam batok helm ini tertutupi sehingga permukaan batok helmnya yang ada garis-garis halus yang kelihatan akan tertutupi dan dapat membantu nanti hasil cat lapisan keduanya hasilnya bagus merata dan mengkilap begitu jaga warna yang di harapkan muncul dengan baik dan cat meni ini bisa juga dengan cat dasar.



Begitu juga untuk menghasilkan warna yang di inginkan ada beberapa warna dasar yang harus di perhatikan untuk menghasilkan warna selain putih dan hitam haruslah di dasari dengan warna silver supaya nanti hasil pengecatannya warna yang kita inginkn keluar warna itu,warna terlihat kinclong dan permukaannya merata tetapi untuk warna helm putih dan hitam di dasari dengan warna dasar putih tetapi untuk warna putih bisa langsung sekali jadi warna tidak harus dua kali pengecatan,setelah hasil pengecatan batok helm itu selesai langsung di masukan lagi ke dalam ruangn pengopenan,pengeringan cat itu memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk mendapatkan hasil cat yang keringnya sempurna.

Nah setelah kering batok helm itu kita memasuki proses penempelan setiker yang sudah di siapkan dengan desainya yang berpariasi setelah di tempelkan setiker baru kita masuk ke proses pengecatan akhir yaitu proses pengecatan dengan menggunakan cat vernish,cat vernish ini merupakan bagian hasil akhir dalam keseluruhan pengecatan kanapa harus di vernish supaya setiker yang sudah di tempelkan pada bagian-bagian batok helm itu tertutupi cat vernish dan tambah kuat menempelnya yang otomatis menempel paten di bagian helm itu karena tertutupi cat vernish dan selain itu cat vernish ini juga dapat memberikan warna yng di hasilkn terlihat mengkilat banget dan warna yang timbulpun menyala warnanya sehingga warna dan setiker terlihat menarik perhatian mata kita karena helm yang di hasilkan bagus.



Itulah penjelasan dalam proses pengecetan batok helm mudah mudahan bisa bermanfaat untuk lebih detilnya lagi sampai menjadi helm siap pakai teruslah ikuti artikel ini dan saya yakin wawasan anda bisa bertambah banyak..terimakasih  

sumber gambar mbah google

About Author

andrikalong
andrikalong

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet nostrum imperdiet appellantur appellantur usu, mnesarchum referrentur.

0 comments:

Post a Comment

Distributed By Protemplateslab